19 Oktober 2011

ORANG PALESTINA

ORANG PALESTINA

SAJAK-SAJAK PERJUANGAN BANGSA PALESTINA

Abdul Hadi W. M. dan Taufiq Ismail

Makhmud Darwish

BURUNG TAK BERKELEPAK

Anak-anak kami berserakan

tanpa rumah, tanpa sandal!

hilang, semua jalan menuju kesesatan

padam, dalam derita dan kemiskinan

demi mereka, demi masa depan mereka

aku belajar berjuang!

Hingga musim bunga mereka kembali

hingga mereka pulang dengan keranjang

berisi segala jenis hasi tanaman

karena itu matahari teruntuk anak-anak

teruntuk hari esok, teruntuk kebenaran

Dan angan-angan.

(terjemahan Abdul Hadi W. M.)

Samir al-Qaseem

DARAH DI TELAPAK TANGAN

Tuan-tuan!

Biarkan mulut beruk berputar-putar

menurut maunya

Ayo!

Akan kuhancurkan jembatan dunia

darahku mengalir pucat

hatiku terdampar di lumpur janji-janji

Hai tuan-tuan dari semua penjuru!

Biar rasa maluku berubah jadi wabah penyakit

Dukaku menjema ular berbisa

Hai sandal hitam berkilat

dari segenap polosok bumi!

Pembalasanku lebih besar

dari suaraku dan usia pengecut

dan diriku…kekuatanku

Hanya sepasangtangan.

(Terjemahan Abdul Hadi W. M.)

PUISI KANAK-KANAK PALESTINA

(dari buku anak-anak bergambar)

Ayam punya rumah

Rumahnya adalah

Kandang ayam yang indah

Kelinci punya rumah

Rumahnya

Lubang dalam tanah

Kuda punya rumah

Rumahnya sangat indahnya

Lautan dan samudra

Kucing gemar berkeliaran

Sepanjang jalan

Tapi seliar-liar kucng

Dia punya rumah juga

Yang dibanggakannya

Burung punya rumah

Nama rumahnya adalah

Sarang burung yang indah

Setiap makhluq punya

Rumah

Dan kampung halaman

Karena rumah di kampung halaman

Adalah tempat orang

Menaat keteduhan

Yang damai

Yang bahagia

Orang Palestina

Tidak berumah

Tidak berkampung haaman

Kemah dan bangunan

Yang didiaminya kini

Bukan rumahnya sendiri

Bukan kampung halamannya sendiri

Di mana rumah

Orang Palestina?

Di Palestna

Tetapi sekarang dia

Tidak diam di sana

Kampung halaman

Orang Palestina

Dirampas

Musuhnya

Siapa musuh

Orang Palestina?

Musuh orang Palestina

Adalah orang

Yang merampas

Kampung halamannya

Bagaimana cara

Orang Palestina

Mendapatkan lagi

Rumahnya sendiri?

Hanya dengan senjata

Orang Palestina bisa

Mendapatkan rumahnya

Dan kampung halamannya

Kembali

Orang Palestna

Akan pulang kampung

Bagi orang Palestina’Kampung halamannya

Adalah punya mereka

(Terjemahan Taufiq Ismail)

Harun Hashim Rashid

ORANG PALESTINA

Orang Palestina

Namaku orang Palestina

Jelas aksaranya

Di seluruh medan pertempuran

Kuguratkan namaku

Tidak ada alias lainnya

Ksara namaku mencengkeramku

Dialah nyala

Dialah denyut

Di darahku

Orang Palestina

Begitulah namaku

Nama yang gaduh

Nama yang duka

Mata mereka mengincar

Membunuh dan mengejar

Karena aku orang Palestina

Dan sesuka hati mereka

Memaksaku ngembara

Daku, seumur hidupku

Tanpa ciri dan tanda

Dan sesuka hati mereka

Mereka beri daku nama

Dan julukan

Penjara dengan gerbang menganga

Menyedotku

Di seluruh airport dunia

Dicatat nama dan julukanku

Angin nista membawaku

Mencincang daku

Orang Palestina

Nama itu memburuku

Menetap dalam diriku

Orang Palestina nasibku

Nama itu bergantung

Di kudukku

Menggelegakkan darahku

Orang Palestina aku

Walau mereka menginjak badanku

Menginjak namaku

Orang Palestina aku

Walau merekamengkhianatiku

Dan meludahi cita-citaku

Orang Palestina aku

Walau mereka menjualku

Di pasar dunia

Dengan harga beribu juta

Orang Palestina aku

Walau ke tiang gantungan dihalau aku

Orang Palestina aku

Walau ke dinding diikat aku

Orang Palestina aku

Orang Palestina

Walau ke api unggun dilempar aku

Aku….apa aku?

Tanpa namaku, orang Palestina

Tanpa kampung halaman

Tempat berlindung

Ku….apa aku?

Jawab aku

Jawab!

(Terjemahan Taufiq Ismail).

WebRepOverall rating Demo bebaskan Palestina di Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar